March 30, 2015

Bagaimana cara menghitung nilai TOEFL?


Haloo teman-teman, karena saya akan mengikuti tes TOEFL jadi saya mau share bagaimana menghitung skor TOEFL. Okay langsung mulai saja ya, tes TOEFL merupakan singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) yang dibuat oleh
oleh kantor ETS (Educational Testing Service) berada di Amerika Serikat. TOEFL ini biasanya diperlukan sebagai syarat untuk mendaftar sekolah di luar negeri bagi orang yang bahasa ibunya bukan bahasa inggris, untuk melanjutkan studi S2 di universitas negeri di Indonesia, dan digunakan pula sebagai salah satu mekanisme perekrutan pegawai.

TOEFL terdiri dari 2 jenis yaitu Internet Based Testing (IBT) dan Paper Based Testing (PBT). Tes TOEFL yang biasanya diselenggarakan di Indonesia adalah Paper Based Testing (PBT) yang biasanya berlangsung selama 3 jam. Tes ini terdiri dari tiga bagian (section) yaitu listening yang  terdiri dari 50 soal, structure 40 soal , dan reading 40 soal . Jika seluruh jawaban dari setiap section benar maka skor tertinggi yang bisa didapatkan dari tes TOEFL ini adalah 677. Jika tidak menjawab semua soal, skor minimal yang akan didapatkan bukanlah nol tetapi 217 (not sure), it’s a good deal right? We don’t have to worry about the minimal result even we don’t answer..

Tabel dibawah merupakan tabel yang digunakan untuk mmenentukan raw score hasil tes TOEFL. Untuk menghitung skor TOEFL, kita harus mengetahui jumlah jawaban benar dari setiap section dan menentukan nilai raw TOEFL yang dapat ditentukan berdasarkan  tabel dibawah.


Tabel diatas terdiri dari 4 baris dan dan 50 kolom yang menggambarkan jumlah soal maksimal dalam TOEFL. Kolom pertama menunjukkan jumlah jawaban benar dari dari setiap section, kolom kedua menggambarkan nilai raw score yang diperoleh sesuai dengan jumlah jawaban benar dari listening section, kolom ketiga menggambarkan nilai raw score yang diperoleh sesuai dengan jumlah jawaban benar dari structure section,  kolom keempat menggambarkan nilai raw score yang diperoleh sesuai dengan jumlah jawaban benar  dari reading section. 

Nah sekarang, bagaimana caranya untuk menghitung skor TOEFL? Untuk menghitung skor TOEFL, kita harus mengetahui jumlah jawaban benar dari setiap section dan menentukan nilai raw TOEFL nya. Misalnya untuk listening jawaban benar adalah 27, structure 28, dan reading 33 maka dapat menghitung raw score yang diperoleh dari tabel diatas yaitu, listening 49, structure 52, dan reading 50. Ketiga raw score tersebut dijumlahkan
49+52+50 = 151

Setelah diperoleh hasil penjumlahan dibagi 3
151/3 = 50,3

Hasil pembagian keudian dikalikan sepuluh
50,3 x 10 = 503

Jadi skor TOEFL yang diperoleh adalah 500

Mudah sekali kan ternyata cara menghitung skor TOEFL ini. Ada tips lagi nih temen teman, untuk mendapatkan skor TOEFL diatas 500 maka dari setiap section ada minimal jumlah jawaban benar yang harus dicapai yaitu, listening 29, structure 26, dan reading 33.

No comments:

Post a Comment