April 16, 2015

Journey to Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul




Ait Terjun Sri Gethuk (source: pengenliburan.com)

Air Terjun Sri Gethuk itu dimana? Barang kali itulah pertanyaan sobat sobat sekalian ketika pertama kali mendengar nama air terjun tersebut. Sayapun juga menanyakan pertanyaan yang sama kepada teman saya ketika dia mengajak saya kesana. Menurut teman saya yang merupakan warga asli gunung kidul air terjun tersebut merupakan destinasi wisata baru di kawasan Gunung Kidul yang masih dalam tahap pengembangan. Satu tahun yang lalu, saya sempat mengunjungi objek wisata ini karena iming-iming teman saya yang mengatakan kalau bisa naik gethek (semacam rakit kecil dengan drum dibawahnya) ditempat ini. Haaah gethek? Aduh saya langsung penasaran bagaimana rasanya naik gethek, karena selama saya tinggal di Solo saya belum pernah naik gethek sekalipun.  
 
Air Terjun Sri Gethuk ini terletak di kecamatan Playen,Kabupaten Gunung Kidul,  yang merupakan bagian dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi air terjun, kami memilih naik motor karena ingin melihat keindahan alam gunung kidul yang masih terjaga. Saya sangat menyukai pemandangan sawah dan pohon hijau yang terlihat sepanjang perjalanan. Ketika memasuki wilayah gunung kidul, jalan masih mulus, tetapi ketika semain dekat dengan lokasi air terjun ini harus melintasi jalan yang terjal karena memang sebagian belum diaspal. Sesampainya disana, kami langsung memarkir kendaraan ditempat yang sudah disediakan dan membayar tiket masuk. Setelah membayar tiket, kami langsung turun untuk menuju lokasi air terjun.

Untuk mencapai air terjun terdapat dua cara yaitu dengan berjalan kaki memutar melewati pinggiran sungai dan dengan menggunakan gethek melewati sungai Oya. Tentu saja kami langsung ingin kesana menggunakan gethek, akan tetapi karena kami kesorean sampai sana, sekitar jam 5 kalau tidak salah, petugas yang bertugas menarik gethek sudah pulang sehingga kamipun terpaksa berjalan memutar. Kami melewati jalan setapak yang memang sudah dipersiapkan oleh pengelola objek wisata ini. Ternyata berjalan memutar melewati jalan setapak ini tidak terlalu buruk juga, kami dapat menikmati keindahan alam di sekitar air terjun sri gethuk ini lebih lama. Oiya, di sepanjang jalan setapak juga terdapat pedagang yang menjajakan aneka minuman dan minuman ringan untuk pengunjung, tetapi sekali lagi karena kami kesorean, banyak pedagang yang sudah pulang, hanya terlihat satu pedagang yang tengah bersiap pulang dan yang lain hanya terlihat lapaknya.

Setelah berjalan sebentar, kamipun sampai ke air terjun sri gethuk yang tenyata memang bagus sekali. Air terjun dengan bebatuan yang menjulang tinggi dan tumpukan bebatuan yang besar dibawahnya terlihat begitu indah. Dibawahnya terdapat sungai Oya yang terlihat sangat jernih dan dikelilingi bebatuan tinggi sehingga banyak yang menyebut air terjun sri gethuk ini terlihat seperti green canyon yang berada di jawa barat. Melihat pemandangan itu, kamipun tidak sabar ingin segera bermain air, meskipun hari sudah sore dan sepi pengunjung, kami bisa main air sepuasnya.

Sungai Oya (source: njogja.co.id)

No comments:

Post a Comment